Alat Peraga

Alat Peraga Sederhana cara kerja Jantung (Microteaching Part II)

Karena sudah magang mengajar selama 1 bulan di SD sekitaran Bumi Pengembangan Insani (BPI), maka kami harus microteaching lagi dan materi ajarnya diacak. Saya kebagian mengajar IPA bersama lima orang teman saya, Mar’ah, Mila, Velin, Heni, dan Dede. Saya mengajar IPA kelas V tentang organ peredaran darah dalam tubuh manusia. Organ peredaran dalam tubuh manusia ada dua yakni jantung dan pembuluh darah.

Untuk apersepsinya, setelah salam dan do’a, adalah lagu yang berjudul Jantung dan Pembuluh darah, dinyanyikan dengan irama Balonku ada lima, begini liriknya:

“Ada empat bagian

Pada jantung manusia

Bilik kiri dan bilik kanan

Serambi kiri dan kanan

Mengalir darah bersih...serrrr

Melalui pembulh nadia

Mengalir darah kotor

Melewati pembuluh Vena”

Setelah menyanyikan lagu itu maka saya membahas tentang jantung dan fungsinya, lalu gerakan kontraksi (mengempis) dan relaksasi (Mengembang). Ketika kontraksi, jantung mengencang dan mengeluarkan darah bersih. Ketika relaksasi, jantung mengendur dan masuklah darah kotor. Untuk memamahi perbedaan gerakan kontraksi dan relaksasi ini, saya memakai alat peraga yang saya ambil dari buku IPA kelas V salingtemas, ini alat peraganya:

 

Bahan dan peratalatannya cukup sederhana, hanya butuh botol minum bekas, slang, pewarna makanan dan air, plastisin, dan gelas transparan untuk menampungg air.  Bagian tutup botol dilobangi seukuran slang yang pura-puranya sebagai pembuluh darah. Kalau bisa lapisi lobangan tutup botol dengan plastisin agar kedap udara, botol diisi dengan air yang telah dicampur dengan pewarna makanan.

Cara kerjanya begini: Ketika kontraksi, tekan botol,maka air akan keluar melalui pembuluh darah, masuk kegelas transparan, dann ketika pegangan pada botol dilepaskan, maka botol akan kendur, maka air dari dalam gelas akan naik kembali ke botol, disinlah terjadi relaksasi jantung.

Comments