Skip to main content

Rinitis Alergi

Rinitis Alergi

Pengertian Rinitis Alergi

     

Rinitis alergi adalah inflamasi yang terjadi pada hidung akibat reaksi alergi. Gejala pada kondisi ini biasanya langsung timbul setelah Anda mengalami pajanan dari pemicu alergi atau disebut alergen. Beberapa indikasinya meliputi:

Hidung berair atau tersumbat.Bersin-bersin.Mata yang gatal atau berair.Batuk-batuk.

Tiap pengidap alergi bisa mengalami gejala yang berbeda. Sebagian besar pengidap rinitis alergi cenderung mengalami gejala yang terbilang ringan dan mudah ditangani. Tetapi ada juga yang merasakan gejala-gejala yang cukup berat sehingga menghambat aktivitas sehari-hari. Periksakan diri Anda ke dokter jika:

Anda mengalami gejala-gejala yang terasa sangat mengganggu dan tidak kunjung membaik.Obat alergi yang Anda minum tidak efektif atau justru memicu efek samping yang mengganggu.Anda memiliki penyakit lain yang bisa memperparah rinitis alergi, misalnya sinusitis berulang, asma, atau polip dalam rongga hidung.Anda mengalami demam. Gejala demam mungkin saja mengindikasikan bahwa Anda terkena flu dan bukan alergi.

Penyebab dan Faktor Risiko Rinitis Alergi

Penyebab utama dari rinitis alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap pemicu alergi. Sistem kekebalan tubuh yang menganggap alergen sebagai substansi berbahaya kemudian melepaskan senyawa histamin dalam darah. Reaksi inilah yang bisa memicu pembengkakan dan iritasi pada hidung serta produksi cairan hidung berlebihan.

Terdapat beragam alergen yang bisa memicu reaksi terhadap sistem kekebalan tubuh jika tidak sengaja terhirup melalui hidung. Beberapa jenis yang termasuk umum, meliputi serbuk sari, tungau debu, serta bulu hewan.

Rinitis alergi dapat dialami oleh siapa saja, tetapi ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami rinitis alergi. Faktor-faktor pemicu tersebut meliputi:

Faktor keturunan. Risiko Anda untuk mengalami rinitis alergi akan meningkat jika orang tua atau saudara kandung juga memiliki kondisi yang sama.Pengaruh alergi atau penyakit lain, misalnya asma.Pajanan dari lingkungan. Contohnya pengrajin mebel yang terus terpajan debu kayu.

Diagnosis Rinitis Alergi

Proses diagnosis rinitis alergi akan diawali dengan dokter yang menanyakan gejala-gejala yang dialami, riwayat kesehatan kemudian akan memeriksa kondisi hidung Anda untuk mencari petunjuk lebih jauh. Contoh pemeriksaan yang mungkin dilakukan akan dilakukan dengan endoskopi hidung, CT scan, atau tes pernapasan melalui hidung (a nasal inspiratory flow test).

Jika dibutuhkan, ada beberapa pemeriksaan lebih lanjut yang umumnya dianjurkan untuk memastikan diagnosis, misalnya tes kulit untuk mengetahui jenis alergi Anda serta tes darah guna menyelidiki keberadaan antibodi IgE dalam tubuh.

Penanganan Rinitis Alergi

Metode pengobatan rinitis alergi berbeda-beda terhadap tiap pengidap. Perbedaan dalam penanganan ini tergantung kepada tingkat keparahan gejala dan pengaruhnya pada kehidupan Anda.

Menghindari pemicu alergi atau alergen adalah metode penanganan utama untuk mencegah rinitis alergi. Contohnya jika Anda alergi terhadap debu, maka bersihkan rumah Anda secara teratur, terutama ruangan yang sering digunakan, seperti kamar tidur atau ruang tamu.

Rinitis alergi memang tidak bisa disembuhkan, tapi gejalanya bisa diredakan dan dikendalikan melalui langkah penanganan yang tepat. Beberapa di antaranya adalah:

Obat-obatan, seperti antihistamin, dekongestan, serta kortikosteroid. Gejala rinitis alergi yang ringan umumnya bisa diatasi dengan jenis dekongestan atau antihistamin yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Tetapi jika mengalami gejala rinitis alergi yang cukup berat, Anda sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Saat dibutuhkan, dokter juga akan mengombinasikan obat-obatan tersebut dengan obat semprot hidung yang mengandung ipratropium atau penghambat leukotrien.Imunoterapi atau suntik alergi. Langkah ini biasanya diberikan kepada pengidap dengan gejala-gejala alergi yang parah.Membersihkan rongga hidung dengan cairan khusus. Langkah pembersihan dilakukan dengan menghirup cairan khusus, lalu membuangnya melalui mulut

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)