Skip to main content

Satuan Terpisah Merupakan Prinsip Dasar AD/ART Gerakan Pramuka yang WAJIB Dilaksanakan


Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sistem satuan terpisah pada pelaksanaan kegiatan kepramukaan.

Sore ini 11 sept 2018 masih dalam suasana Tahun Baru Hijriah siswa SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu kembali bergiat, semoga tahun ini akan lebih baik dari tahun yang lalu Aamiin.

Seperti biasa giat latihan pekanan dilaksanakan di setiap jenjang kelas. Masih dengan dua pembina di tiap kelas yakni satu pembina putra dan satu pembina putri. Kecuali ada beberapa kelas yang pembinanya semua pembina putri. Kak Hayati memberikan materi berikut:
1. Doa dan salam pembuka
2. Pentingnya bertanggung jawab
3. Menyanyi lagu himne satya darma pramuka
4. Tepuk pramuka
5. Doa penutup
Giat sore ini beliau sampaikan dengan menarik. Terlihat dari video kiriman beliau di grup 06.007 - 06.008 Ali Bin Abi Thalib Fatimah Azzahra.

Begitu juga dengan kak Saliman, Lulusan Master Sains Universitas Bengkulu ini tidak canggung menyelami dunia kepramukaan dengan giat sore pekanan. Games kaki seribu terdengar menggelegar seantero sekolah. Menyatu dan berbaur dengan anggota siaga putra di kelas 5E. Apresiasi tinggi buat kedua pembina hebat pekan ini. Tetap semangat, pertahankan dan tingkatkan ya kakak.

Tak terkecuali di kelas saya sendiri, saya dan kak Esty memberikan ruang kepada anggota pramuka yang kami bina untuk mengekslor diri. Kak Esty giatnya bagaimana ya sore ini?

Lihat kami melakukannya dengan satuan terpisah. Apa itu satuan terpisah? Satuan terpisah adalah pemisahan antara anggota putra dengan anggota putri. Anggota putra dibina oleh pembina putra dan anggota putri dibina oleh pembina putri. Pada kesempatan tertentu pambina putri diperbolehkan membina anggota putra tapi tidak berlaku untuk putra. Pembina putra tidak dibenarkan membina anggota putri.

Mengapa Sistem Satuan Terpisah?

Diterapkannya sistem satuan terpisah karena merupakan ketentuan prinsip-prinsip dasar yang digunakan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga adalah landasan hukum organisasi. Gerakan Pramuka oleh karena itu wajib dilaksanakan dan ditaati oleh setiap anggota Gerakan Pramuka.

Maksud dan tujuan sistem satuan terpisah adalah untuk melaksanakan prinsip-prinsip dasar pendidikan dengan tujuan-dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Tujuan penerapan sistem satuan terpisah untuk proses pendidikan bagi masing-masing peserta didik lebih intensif dan lebih efektif.

Satuan terpisah juga merupakan ciri khas Kepramukaan di Indonesia. Ciri khas ini tidak dimiliki oleh pramuka-pramuka lainnya di seluruh dunia. Sistem satuan terpisah merupakan satu-satunya prinsip dasar kepramukaan Indonesia yang berbeda dari prinsip dasar yang dimiliki oleh kepramukaan dunia yang tergabung dalam wadah WOSM (World of Scout Movement). Negara-negara lain tidak menganut sistem satuan terpisah, jadi peserta didik putra dan putri tidak dipisahkan satuannya.

Satuan terpisah bagi Gerakan Pramuka di Indonesia sejalan dengan adat ketimuran yang berlaku sejak lama. Menjunjung kehormatan dan batasan antara laki-laki dan perempuan. Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Salam Pramuka.

Efri Deplin
Kadep.Pramuka SIT Wilayah Bengkulu

Sumber:
http://materipramukaonlineamd.blogspot.com/2017/11/sistem-satuan-terpisah.html?m=1

https://pramukaxp2.wordpress.com/2009/07/06/sistem-satuan-terpisah-tidak-perlu-dipertahankan/

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)