Post Page Advertisement [Top]

Desa Pramuka LebakharjoEdukasiPramukaPRAMUKA SIT SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu

Satuan Terpisah Merupakan Prinsip Dasar AD/ART Gerakan Pramuka yang WAJIB Dilaksanakan


Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sistem satuan terpisah pada pelaksanaan kegiatan kepramukaan.

Sore ini 11 sept 2018 masih dalam suasana Tahun Baru Hijriah siswa SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu kembali bergiat, semoga tahun ini akan lebih baik dari tahun yang lalu Aamiin.

Seperti biasa giat latihan pekanan dilaksanakan di setiap jenjang kelas. Masih dengan dua pembina di tiap kelas yakni satu pembina putra dan satu pembina putri. Kecuali ada beberapa kelas yang pembinanya semua pembina putri. Kak Hayati memberikan materi berikut:
1. Doa dan salam pembuka
2. Pentingnya bertanggung jawab
3. Menyanyi lagu himne satya darma pramuka
4. Tepuk pramuka
5. Doa penutup
Giat sore ini beliau sampaikan dengan menarik. Terlihat dari video kiriman beliau di grup 06.007 - 06.008 Ali Bin Abi Thalib Fatimah Azzahra.

Begitu juga dengan kak Saliman, Lulusan Master Sains Universitas Bengkulu ini tidak canggung menyelami dunia kepramukaan dengan giat sore pekanan. Games kaki seribu terdengar menggelegar seantero sekolah. Menyatu dan berbaur dengan anggota siaga putra di kelas 5E. Apresiasi tinggi buat kedua pembina hebat pekan ini. Tetap semangat, pertahankan dan tingkatkan ya kakak.

Tak terkecuali di kelas saya sendiri, saya dan kak Esty memberikan ruang kepada anggota pramuka yang kami bina untuk mengekslor diri. Kak Esty giatnya bagaimana ya sore ini?

Lihat kami melakukannya dengan satuan terpisah. Apa itu satuan terpisah? Satuan terpisah adalah pemisahan antara anggota putra dengan anggota putri. Anggota putra dibina oleh pembina putra dan anggota putri dibina oleh pembina putri. Pada kesempatan tertentu pambina putri diperbolehkan membina anggota putra tapi tidak berlaku untuk putra. Pembina putra tidak dibenarkan membina anggota putri.

Mengapa Sistem Satuan Terpisah?

Diterapkannya sistem satuan terpisah karena merupakan ketentuan prinsip-prinsip dasar yang digunakan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga adalah landasan hukum organisasi. Gerakan Pramuka oleh karena itu wajib dilaksanakan dan ditaati oleh setiap anggota Gerakan Pramuka.

Maksud dan tujuan sistem satuan terpisah adalah untuk melaksanakan prinsip-prinsip dasar pendidikan dengan tujuan-dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Tujuan penerapan sistem satuan terpisah untuk proses pendidikan bagi masing-masing peserta didik lebih intensif dan lebih efektif.

Satuan terpisah juga merupakan ciri khas Kepramukaan di Indonesia. Ciri khas ini tidak dimiliki oleh pramuka-pramuka lainnya di seluruh dunia. Sistem satuan terpisah merupakan satu-satunya prinsip dasar kepramukaan Indonesia yang berbeda dari prinsip dasar yang dimiliki oleh kepramukaan dunia yang tergabung dalam wadah WOSM (World of Scout Movement). Negara-negara lain tidak menganut sistem satuan terpisah, jadi peserta didik putra dan putri tidak dipisahkan satuannya.

Satuan terpisah bagi Gerakan Pramuka di Indonesia sejalan dengan adat ketimuran yang berlaku sejak lama. Menjunjung kehormatan dan batasan antara laki-laki dan perempuan. Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Salam Pramuka.

Efri Deplin
Kadep.Pramuka SIT Wilayah Bengkulu

Sumber:
http://materipramukaonlineamd.blogspot.com/2017/11/sistem-satuan-terpisah.html?m=1

https://pramukaxp2.wordpress.com/2009/07/06/sistem-satuan-terpisah-tidak-perlu-dipertahankan/

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib