Skip to main content

Lomba Tingkat

Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

Lomba Tingkat adalah pertemuan PramukaPenggalang dalam bentuk perlombaan baikberegu maupun perorangan atas nama regu. Lomba Tingkat biasa disingkat dengan LT. Lomba Tingkat diselenggarakan dalam bentuk perkemahan.

Macam Lomba Tingkat

Lomba Tingkat dibedakan berdasarkan tingkat penyelenggaraan dan pesertanya, yaitu:

LT I

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Gugusdepan(biasanya berupa sekolah SMP atau MTs) dengan peserta dari masing-masing reguanggota Gugus Depan tersebut.

LT II

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Ranting (Kecamatan) dengan peserta dari masing-masing Gugusdepan yang ada di Kwartir Ranting tersebut.

LT III

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Cabang (Kabupaten / Kota) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Rantingyang ada di Kwartir Cabang tersebut.

LT IV

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Daerah (Provinsi) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Cabnag yang ada di Kwartir daerah tersebut.

LT V

Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Nasional (Nasional) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Daerah yang ada diIndonesia.

Lomba Tingkat bersifat berjenjang. Artinya, pemenang pada suatu tingkatan akan mewakili mengikuti Lomba Tingkat di tingkat atasnya.

Daftar pelaksanaan Lomba Tingkat Nasional (LT V):NoTahunTempatTanggalKeterangan011966Cijantung, Jakarta1 – 4 Agustus1966LT 5 ke-1021982Cibubur,Jakarta7 – 14 Agustus1982LT 5 ke-2Regu Berprestasi Tinggi Putra Regu Garuda (SMP Negeri 1 Yogyakarta)031987Cibubur,Jakarta9 – 14 Agustus1987LT 5 ke-3Regu Berprestasi Tinggi Putri Regu Chrisian (SMP Negeri 1 Yogyakarta)041990Cibubur,Jakarta12 – 20 Desember1990LT 5 ke-4051994Cibubur,Jakarta12 – 17 Desember1994LT 5 ke-5Regu Berprestasi Tinggi Putra Regu Garuda dan Regu Berprestasi Tinggi Putri Regu Beringin (SMP Negeri 1 Yogyakarta)061998Cibubur,Jakarta5 – 9 Juli1998LT 5 ke-6072002Cibubur,Jakarta5 – 11 Juli 2002Regu Berprestasi Tinggi Putra = Regu Beruang Kwartir Daerah Kalimantan Timur082007Cibubur,Jakarta24 – 30 Juli 2007Regu Berprestasi Cukup Putra : Regu Garuda (SMP Negeri 1 Yogyakarta)092012Cibubur,Jakarta7 – 13 Juli 2012Regu Berprestasi Tinggi Putra dari Kwarda DI Yogyakarta (SMP Negeri 1 Yogyakarta), Regu Berprestasi Tinggi Putri dari Kwarda Jawa Barat (SMP Negeri 14 Bandung)102017Cibubur,Jakarta[1]

Materi dalam Lomba Tingkat

Materi dalam Lomba Tingkat biasanya dikelompokkan dalam emmpat kelompok kegiatan yang yaitu:

Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak, yang meliputi; Ibadah, Siraman Rohani dan upacara.Ketangkasan, Olah raga dan Patriotisme, yang meliputi; olah raga, halang rintang,pionering, aneka olah raga permainan berkelompok dan lainnya.Kesehatan, Ketrampilan, seperti; penguasaan teknik ketrampilan (komputer, memasak, fotografi), seminar, kebersihan lingkungan, Pengetahuan Kepramukaan, Penjelajahan, sandisemaphoremorse dan lainnya.Seni dan Budaya, seperti; hasta karya dan kerajinan tangan, Pentas Seni, Api Unggun, Gebyar Budaya, Peragaan busana dan lain sebagainya.

Kejuaraan

Tiap-tiap jenis kegiatan diambil tiga reguputra dan tiga regu putri terbaik sebagai peraih tergiat I, tergiat II dan tergiat III. Dan regu dengan peraih emas terbanyak yang kemudian ditetapkan sebagai Regu Tergiat Umum. Regu inilah yang menjadi juara umum.

Lihat Juga

Pertemuan Pramuka Jambore Daerah Jambore Pramuka Raimuna Kwartir Nasional

Referensi

^ Hasil Keputusan Munas di http://www.pramukanet.org

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)