PKP Berbasis Zonasi dan Lulus POST TEST


Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan salah satu pendukung program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP Berbasis Zonasi.



Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.



Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasi guru untuk mengembangkan materi dan melaksanakan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berikut beberapa manfaat PKP bagi siswa, guru dan sekolah.

1.        Bagi siswa
·           Siswa akan lebih bergairah dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran.
·           Mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
·           Terkontrolnya tingkah laku positif siswa.
·           Menciptakan suasana kelas yang kondusif dan dinamis pada proses pembelajaran berlangsung.
·           Meningkatkan hasil belajar siswa.

2.        Bagi guru
·           Memperluas wawasan.
·           Meningkatkan profesional kerja.
·           Meningkatkan peran guru sebagai Fasilisator.
·           Memberikan motivasi untuk guru-guru yang lainnya.
·           Memperbaiki kinerja guru dalarn proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

3.        Bagi Sekolah
·           Menerapkan metode yang dilaksanakan terhadap pelajaran yang lain.
·           Memanfaatkan metode dengan semaksimal mungkin.
·           Mengembangkan bakat untuk tercapainya visi dan misi sekolah.

Saya mengikuti program PKP Zonasi di unit SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu Jalan Semeru no.22 Ratu Agung Sawah Lebar Kota Bengkulu. Berlangsung sejak tanggal 27 Oktober  hingga 30 Nopember 2019.
Mengapa Harus Berbasis Zonasi
Berbasis Zonasi dengan tujuan sebagai berikut:
      Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya
  Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya
      Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik
      Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Beberapa Istilah

Guru Inti
Menurut Cascade Model Implementasi yang saya dapatkan saat pelatihan berlangsung Guru Inti adalah Guru (KS/PS) Inti yang dipilih merupakan Guru (KS/PS) Terbaik dan berada pada Zonasi pengelompokan Kelompok Kerja. Bersentuhan langsung kepada Guru (KS/PS) Sasaran di Zonasi pengelompokan Kelompok Kerja

Guru Sasaran
Masih berdasarkan Cascade Model Implementasi dari pelatihan yang saya ikuti ini, Guru Sasaran adalah Guru (KS/PS) sasaran yang berada pada Kelompok Kerja di daerah.. Guru (KS/PS) pada Zonasi yang masuk sasaran.

Selengkapnya adalah sebagai berikut:

IN dan ON
PKP atau Peningkatan Kompetensi Pembelajaran berbasis ZONASI ini memiliki dua system pembelajran. Pertama adalah IN dan yang kedua adalah ON. IN adalah kegiatan tatap muka yang dipantau oleh pengawas dan dibimbing oleh Guru Inti. IN berlangsung sebanyak 5 kali pertemuan tatap muka yang diselengarakan di UNIT Zonasi yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan setempat. Dalam hal ditetaopkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Sedangkan ON merupakan kegiatan praktik di sekolah masing-masing dengan bimbingan dan kerjasama Pengawas dan Kepala Sekolah.

Ilustasi IN dan ON

Berikut adalah jadwal IN dan ON pada PKP yang saya ikuti:
IN 1 Ahad, 27 Oktober 2019

IN 2 Ahad, 3 November 2019

ON 1

IN 3 Ahad, 10 November 2019

ON 2

IN 4 Ahad, 17 November 2019

ON 3

IN 5 Ahad, 24 November 2019

Catatan-catatan Penting
1.      Semua kegiatan di atas berlangsung dengan sangat cepat dan berkelanjutan. Artinya jangan sampai Guru Sasaran melewatkan satu sesi atau satu bagian dari kegiatan selama 5 pekan yang terdiri dari 5 IN dan 3 ON di atas.
2.      Untuk memaksimalkanLembar Kerja, tunaikan tugas-tugas tersebut secara berkelompok. Ingat berkelompok karena memnag kita berkelompok sejak dimulai In pertama.
3.      Jangan menunda-nunda tugas setiap pekannya. Artinya jika LK pada In 1 sudah diberikan makan harus diselesaikan hari itu juga, dan selanjutnya demikian halnya dengan LK-LK berikutnya. Mengapa? Karena besoknya hari senin kita sebagai Guru Sasaran adalah Guru di kelas yang dirindukan oleh murid-murid terbaik di kelas kita.
4.      Ikuti semua petunjuk yag disampaikan Guru Inti dan tidak boleh malu bertanya jika belum memahami sesuatu mengenai LK atau yang kegiatan PKP Zonasi.

TIPS UJIAN Post Test

Sebelum ujian Guru Inti akan memberikan kesempatan untuk kita sebagai Guru Sasaran mempresentasekan Laporan Best Practice yang memuat semua kegiatan dari awal hingga akhir PKP Zonasi. Selain itu juga Guru Inti akan menyampaikan beberapa point yang menjadi tolak ukur dari soal-saoal yang akan diujikan dalam bentuk kisi-kisi Post Test soal Untuk PKP 1 (SATU) Siklus (82 JP). Post Test akan dilaksanakan jika semua tugas dari Guru Sasaran selesai dan direkap oleh Guru Inti. Maka dalam system Akun SIM PKB akan tercantum tempat, sesi ujian yang akan dilaksanakan. Kelompok Belajar unit yang bertempat di SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu dilaksanakan pada hari selasa 26 November 2019 di SMAN 3 Kota Bengkulu SESI 2.

Diantara kisi-ksi tersebut adalah sebagai berikut:

15 Saoal Pedagogik Umum dapat dipelajari dari materi awal pre test serta pemaparan pendampingan di awak kegiatan
15 soal UNIT 1 dapat dipelajari pada UNIT kerja 1 yang diampuhkan kepada masing-masing Guru Sasaran. Tidak jauh dari seputar Unit Kerja 1.
15 soal UNIT 2 dapat dipelajari pada UNIT kerja 2 yang diampuhkan kepada masing-masing Guru Sasaran. Tidak jauh dari seputar Unit Kerja 2.

Baca juga: Soal Post Test PKP

Sebelum Ujian
1.      Sehari sebelumnya dipelajari dan dibaca ulang apa yang belum dipahami, jika perlu print ulang semua LK dan Laporan dan hal-hal yang diaanggap penting untuk mendukung ujian.
2.      Bagilah jarak waktu agar hadir di lokasi ujian berkisar setengah jam sebelum ujian dilaksanakan.
3.      Manfaatkan waktu di tempat ujian agar dapat membuka kembali print out atau soft copy dari gawai sebelum ujian dilaksanakan.
4.      Jangan lupa sarapan pagi mengingat waktu ujian yang lama dan bahkan bisa delay seperti naik pesawat hee.
5.      Jangan lupa berdoa dan baca Bismillah.

Saat Ujian
1.      Berdoa sebelum Ujian.
2.      Siapkan nomor Token dan Username yang bisa didapat dari GI atau catat dari SIM PKB masing-masing.
3.      Saipakan kertas, buku atau tempat dan alat tulis untuk menulis jika diperlukan, misalnya menghitung. Kalau soal matematika wajar kan harus ada tempat menghitung, ternyata UNIT IPA SD Kelas Tinggi juga ada soal HOTS hitungan.
4.      Carilah tempat duduk yang paling aman dan nyaman. Aman dari gangguan dan nyaman tentunya saat berlangsungnya ujian. Amakan diri dari runag ber AC hee
5.      Kerjalan unit soal yang dianggap paling mudah.
Pengalaman kemarin,
Pertama saya mengerjakan soal Unit Pembelajaran 1 PKn Makna dan Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu
Kedua saya mengerjakan soal Unit Pembelajaran 2 IPA Menghemat Energi Listrik
Ketika saya mengerjakan soal pedagogic umum

6.      Jangan sekali-sekali membuka buku atau terpancing untuk melihat jawaban teman di sebelah atau ingin berbuat curang dalam ujian ini. Selain tidak ada manfaatnya sama sekali, kita akan kehabisan waktu hanya untuk membuka buku tanpa ada jawaban yang pasti. Karena soal yang diujikan dikembangkan menjadi 3 paket Setara dan bersifat HOST.

Untuk menjadi perbandingan, semoga nilai Bapak Ibu lebih baik lagi Aamiin
Nilai pada setiap paket soal dapat diketahui setelah kita menyelesaikan menjawab soal. Ingat! Setiap paket soal hanya yang bersisi 15 soal hanya ada waktu 20 menit untuk mengerjakannya. Pastikan 2 menit sebelum batas akhir selesai kita harus menyelesaikan menjawab soal dan lihat hasilnya.

Perolehan Jumlah soal yang dijawab benar

No.
Mata Uji
Jumlah Benar
1
Unit Pembelajaran 1 PKn
Pedagogik     3 SOAL
Profesional   8 SOAL
2
Unit Pembelajaran 2 IPA
Pedagogik     3 SOAL
Profesional   9 SOAL
3
Unit Pembelajaran UMUM
Profesional   10 SOAL
4
JUMLAH BENAR
Jumlah           33 SOAL



Alhamdulillah satu kelas Kelompok belajar kami Lulus semua, kabarnya begitu dari Guru Inti.

Banyak cerita duduk seharian penuh di ruang ber-AC sehingga saya harus mengenakan #jasmerah itu setiap masuk ruangan. Bagaimana dengan progres Peningkatan Kompetensi Pembelajaran yang dilalui? Tentu jawabannya sangat #bermanfaat.

#Peningkatan #Kompetensi #Pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik dan merencanakan segala aktifitas di ruang kelas dan di luar #kelas untuk mencapai hasil maksimal terselenggaranya proses pembelajaran yang menyenangkan, berbudi luhur dan berakhlak mulia bagi siswa. Penguasaan #pedagogik yang harus selalu diperbaharui demi terciptanya keseimbangan dari setiap individu siswa, adil dan merata.

Benarlah "semakin belajar maka akan merasakan bahwa diri ini selalu kekurangan ilmu". Semoga dikuatkan hingga akhir kegiatan dan menghasilkan output yang bernas untuk pribadi, teman sejawat serta lembaga dan tentunya untuk siswa siswi harapan bangsa.

Sebagai #Guru Sasaran dalam program ini, saya merasa sangat beruntung diberi kesempatan untuk mengasah diri dan selalu tumbuh sifat tidak pantang menyerah.

Semoga kedepan bermanfaat lebih banyak untuk kami dan lembaga khususnya peserta didik dan Bangsa Indonesia yang lebih baik Aamiin






Komentar

  1. Mantap pak...teimakasih sudah berbagi...info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih bunda atas suportnya, sukses selalu Aamiin
      Salam kami dari Bengkulu

      Hapus
  2. Soal Postest PKP unit Pelajaran : Matematika Bilangan bulat Negatif dan IPA Energi dan perubahannya : https://youtu.be/P18UdTQ-duE

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Postingan Populer