Skip to main content

MEMIMPIN KARENA SAMA

Alhamdulillah pada kesempatan ini saya ingin berbagi sebuah tulisan yang baik sekali. Kebetulan hari ini adalah hari pertama musyawarah nasional pemilihan ketua umum Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Tulisan ini saya dapat dari sebuah WAG Alumni KPN 2018 Desa Pramuka Lebakharjo Malang Jawa Timur, Tepatnya di WAG Regu Riadi/131 Kabupaten Pelampong Kec. Toba. Wah jadi rindu suasana Lebakharjo nih..

Berikut tulisan itu, silakan dibaca dengan seksama.

MEMIMPIN KARENA SAMA

Pramuka hebat pasti berasal dari pramuka yang hebat. Dialah pembina yang menjiwai kepramukaan sejak lama lalu terakumulasi ke dalam strategi membina yang jitu. Siapa pembina yang demikian? Dialah pembina yang juga pernah menjadi pramuka dengan segala pengalamannya. Jadi, pramuka akan menjadi hebat jika di satuannya dipimpin oleh pembina yang juga pernah malang melintang di kepramukaan.

Tidaklah mungkin tupai yang seharusnya lihai melompat dipimpin ayam yang tidak bisa melompat jauh. Harimau dapat lari kencang karena hewan buas itu berada di habitat yang sama. Harimau dapat tumbuh dan berkembang secara kodrati karena dipimpin oleh harimau juga.

Organisasi kepramukaan adalah sekumpulan pramuka yang khas dan unik. Tentu, organisasi tersebut akan yumbuh dan berkembang jika dipimpin oleh mereka yang berpengalaman kepramukaan yang baik pula. Kepramukaan tidak bisa dpimpin oleh orang yang hanya mampu di kepemimpinan dan manajemen semata. Dia harus punya bekal khas dan unik dalam kepramukaan. Dengan begitu, kepemimpinannya lengkap antara cipta, rasa, dan karsa. Begitu pula di satuan, pramuka hendaknya dipimpin oleh pembina yang kuat kepramukaannya.

Kita semua selalu ingin pendidikan maju dengan baik. Namun, kita lupa bahwa untuk menjadi baik kita harus berada pada totalitas dan keseimbangan. Kita tidak akan pernah tahu ragam ikan di laut dengan segala perniknya, jika kita tidak menyelam ke dalam lautan dengan serius.

Jadilah pembina yang hebat dengan cara menjiwai kehebatan itu sendiri. Pembina hebat adalah dirimu. Ikhlaslah membina dengan upaya keseimbangan. Jika adikmu ingin yang terbaik, pembina harus berupaya menyajikan yang terbaik. Jangan setengah-setengah melibatkan cipta, rasa, dan karsamu. Bertindaklah secara total. Selamat membina.
#kakyatno
#pusdiklatnas

Berikut Foto ini adalah foto hasil jepretan ketika Kak Maya dkk Ustad Ustadzah yang berasal dari Yayasan Al-Izzah SDIT Al-Izzah Serang Banten pada saat study banding di Gudep Unggul Nasional 2016 Yang Berpangkalan di SD, SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu pada hari selasa, 25 September 2018.

Salam Pramuka.
Semangat membina.
Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)