Wednesday, 26 September 2018

MEMIMPIN KARENA SAMA

Alhamdulillah pada kesempatan ini saya ingin berbagi sebuah tulisan yang baik sekali. Kebetulan hari ini adalah hari pertama musyawarah nasional pemilihan ketua umum Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Tulisan ini saya dapat dari sebuah WAG Alumni KPN 2018 Desa Pramuka Lebakharjo Malang Jawa Timur, Tepatnya di WAG Regu Riadi/131 Kabupaten Pelampong Kec. Toba. Wah jadi rindu suasana Lebakharjo nih..

Berikut tulisan itu, silakan dibaca dengan seksama.

MEMIMPIN KARENA SAMA

Pramuka hebat pasti berasal dari pramuka yang hebat. Dialah pembina yang menjiwai kepramukaan sejak lama lalu terakumulasi ke dalam strategi membina yang jitu. Siapa pembina yang demikian? Dialah pembina yang juga pernah menjadi pramuka dengan segala pengalamannya. Jadi, pramuka akan menjadi hebat jika di satuannya dipimpin oleh pembina yang juga pernah malang melintang di kepramukaan.

Tidaklah mungkin tupai yang seharusnya lihai melompat dipimpin ayam yang tidak bisa melompat jauh. Harimau dapat lari kencang karena hewan buas itu berada di habitat yang sama. Harimau dapat tumbuh dan berkembang secara kodrati karena dipimpin oleh harimau juga.

Organisasi kepramukaan adalah sekumpulan pramuka yang khas dan unik. Tentu, organisasi tersebut akan yumbuh dan berkembang jika dipimpin oleh mereka yang berpengalaman kepramukaan yang baik pula. Kepramukaan tidak bisa dpimpin oleh orang yang hanya mampu di kepemimpinan dan manajemen semata. Dia harus punya bekal khas dan unik dalam kepramukaan. Dengan begitu, kepemimpinannya lengkap antara cipta, rasa, dan karsa. Begitu pula di satuan, pramuka hendaknya dipimpin oleh pembina yang kuat kepramukaannya.

Kita semua selalu ingin pendidikan maju dengan baik. Namun, kita lupa bahwa untuk menjadi baik kita harus berada pada totalitas dan keseimbangan. Kita tidak akan pernah tahu ragam ikan di laut dengan segala perniknya, jika kita tidak menyelam ke dalam lautan dengan serius.

Jadilah pembina yang hebat dengan cara menjiwai kehebatan itu sendiri. Pembina hebat adalah dirimu. Ikhlaslah membina dengan upaya keseimbangan. Jika adikmu ingin yang terbaik, pembina harus berupaya menyajikan yang terbaik. Jangan setengah-setengah melibatkan cipta, rasa, dan karsamu. Bertindaklah secara total. Selamat membina.
#kakyatno
#pusdiklatnas

Berikut Foto ini adalah foto hasil jepretan ketika Kak Maya dkk Ustad Ustadzah yang berasal dari Yayasan Al-Izzah SDIT Al-Izzah Serang Banten pada saat study banding di Gudep Unggul Nasional 2016 Yang Berpangkalan di SD, SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu pada hari selasa, 25 September 2018.

Salam Pramuka.
Semangat membina.
Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Wisata Keluarga Guys Gerga PAL 7

Hallo sahabat kali ini Guys Gerga kembali menyapa kita semua. Trip yang paling ditunggu-tunggu adalah dimana saat rencana pekan ini kita ...