Skip to main content

Pembahasan SOAL UN IPA SMP 2016

[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: *Penjelasan/Pembahasan Soal US/USBN IPA*
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Pembahasan Soal UN IPA SMP 2016 Nomor 1-10

Pembahasan soal UN IPA SMP 2016 nomor 1. Secara umum pengukuran waktu menggunakan stopwatch akan menunjukkan 2 skala yakni menit dan detik. Jarum luarnya menunjukkan berskala 0 sampai 10 detik, sedangkan bagian dalam jarumnya memperlihatkan durasi waktu dalam menit sehingga nanti harus dikalikan dengan angka enam puluh. Sehingga dapat dihitung total waktu ditunjukkan oleh alat pengukur tersebut adalah (10 + 600) detik =610 sekon.

Soal UN IPA SMP 2016 nomor dan pembahasan no 2. Sifat materi atau zat serta karakteristiknya yg terlihat dalam kehidupan sehari hari. Zat yang ditanyakan adalah sifat gas yang benar dalam suhu kamar meliputi: volume selalu berubah rubah, bentuknya tidak tetap, kekuatan gaya antar partikelnya sangat lemat, antarpartikel memiliki jarang saling berjauhan.

Soal IPA UN 2016 dan pembahasannya untuk no 3. Konsep gaya angkat pada hukum Archimedes. Kondisi benda bila dimasukkan dalam fluida ada tiga kemungkinan, yakni: terapung, melayang, dan tenggelam. Secara berurutan kondisi tersebut dapat diketahui dari perbandingan antara massa jenis benda dgn fluida. Untuk yg pertama akan terjadi bila ρbenda > ρzat cair, keduanya bernilai sama dan terakhir berkebalikan dari kondisi yang disebutkan pertama kali.

Namun untuk dapat membandingkannya, kita harus bisa menentukan nilai massa jenis setiap bendanya. Rumus yg dipakai untuk menghitungnya adalah ρ = m/V. Dimana m= massa serta V adalah volumnya. Dengan menggunakan rumusnya serta informasi dalam soal hasilnya seperti berikut ini: ρP = 12 kg/0,006 m3 = 2000 kg/m3, ρQ= 6/ 0,006= 1000, ρR= 4/ 0,0016= 2500. Dari hasil penghitungan tersebut serta dibandingkan dengan massa jenis fulida (air= 1000) maka yg tenggelam adalah P dan R.

Soal IPA UN 2016 Nomor 4. Mengenai sifat asam, basa dan garamnya. Salah metode untuk mengetahui sifat dari asam, basa atapun garam dari sebuah larutan menggunakan kertas indicator berupa lakmus merah dan biru. Bila lakmus biru menjadi merah ketika dicelupkan dalam larutan makanya bersifat asam, namun andaikan yg terjadi adalah sebaliknya yaitu lakmus merah berubah menjadi biru dapat dipastikan sifatnya basa. Sedangkan sifat kegaramannya terlihat dari tak adanya perubahasan waktu kertasnya.Berdasarkan info yg disajikan dalam table dpt kita tentukan bahwa sifat semua larutan tersebut sebagai berikut: P (asam), Q bersifat basa, R netral, S lebih kea rah basa serta T asam.
Baca Juga  Download Pembahasan Soal UN SMA 2016 Semua Pelajaran

Soal UN IPA 2016 SMP dan Pembahasan Nomor 5. Masalah mekanisme terjadinya korosi. Proses tersebut merupakan jenis reaksi kimiawi yg tergolong reduksi dan oksidasi antara suatu senyawa tertentu yang ada di lingkungan terhadap sebuah logam. Nanti akan menghasilkan senyawa yg engga diinginkan serta sifatnya merusak.Dalam kehidupan sehari hari, peristiwa ini disebut dengan pengkaratan. Tentu akan menyebabkan kerugian besar bahkan nilainya mencapai miliaran rupiah setiap tahunnya. Umumnya logam yg kerap kali mengalami korosi adalah besi. Faktor utama penyebabnya adalah reaksi besi dengan oksigen dan air.

Nomor 6 Soal UN IPA SMP 2016. Konsep perbedaan perubahasan fisika serta kimiawi yang dialami oleh sebuah benda. Untuk bisa memahami penjelasan ane mengenai hal itu, harus dipahami secara jelas mengenai ciri serta definisi dari keduanya. Untuk yg disebutkan pertama dapat diartikan sebagai perubahan yang terjadi pada zat tanpa diikuti dgn pembentuk benda baru yg berkarakter berbeda dari kondisi awal. Biasanya berubahnya hanya dalam hal bentuk serta ukurannya. Proses kimiawi dapat menghasilkan zat baru dgn sifat berbeda dari asalnya. Untuk proses kedua dapat dicirikan dgn adanya perubahan warna, rasa, aroma serta wujudnya sendiri.

Sekarang kita lihat pilihan yang ada pada soalnya. (1) penumbukan beras hingga halus (fisika) karena hanya merubah ukuran serta teksturnya saja, (2) pelarutan gula dalam air (fisika) karena sifat dan rasanya tetap sama, (3) pembakaran kertas menjadi abu (kimia) alasannya terbentuk zat baru, (5) perubahasan rasa pada tape ketan (kimiawi) rasanya berubah.

Nomor 7 UN SMP IPA 2016 dan Pembahasan. Dampak negative pemakaian zat tambahan (aditif). Semua bahan tambahan makanan sintetis pasti akan memberikan pengaruh buruh buruk, begitu pula halnya dengan siklamat. Zat tersebut dapat memicu terjadinya kanker kandung kemih dan migrain. Berbegai gangguan kesehatan bisa timbul seperti hipertensi, kanker otak, keimpotensi serta gangguan seksual, kebotakan, alergi, diare, sakit perut, insomnia, daya ingat berkurang, iritasi, tremor, asma.

Jawaban Nomor 8 IPA UN SMP 2016. Topik dampak buruk menggunakan zat psikotropik. Morfin merupakan jenis yg termasuk dalam golongan analgesik opium atau narkotik. Biasanya digunakan dalam medis bertujuan menghilangkan rasa sakit yang sangat parah dan berkepanjangan atau sering dikenal dgn istilah kronis. Menjadi alternatif dalam pengobatan karena morfin langsung bekerja pada saraf dan otak, sehingga bagi orang pengonsumsinya tidak akan merasakan sakit.

Akan tetapi dalam prakteknya banyak memberikan manfaat serta akibat buruk dlm hal psikis sekaligus seperti: (1) menjadi lebih apatis (tidak peduli/acuh), membuat orang memiliki rasa gembira berlebihan, timbulnya gangguan pada konsentrasi berpikir bahkan kesulitan berpikir, dampak anti depresan, kesadaran diri menjadi kabur ketika saat menjelang tidur, terasa lebih rileks, dan mengantuk, tertidur serta senantiasa sering bermimpi indah. Atas dasar hal tersebut, sebaiknya kalian jangan sekali kali menggunakan narkoba serta mudah dipengaruhi oleh orang lain. Kaka hanya mengingatkan selain menuliskan pembahasan soal UN IPA SMP 2016 secara lengkap di sini.

No 9 IPA SMP 2016. Bab kalor, perubahasan suhu serta pemuaian. Biar lebih mudah sebaiknya kita ketahui dulu denisi koefisien mulai panjang (α) didefinisikan sebagai pertambahan panjang suatu zat pada pada yg mula mulanya sati meter untuk setiap kenaikan suhu sebesar 1 derajat Celsius. Berdasarkan data dalam soal bisa diketahui bahwa koefisien muai panjang R> P> R.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Sehingga berdasarkan nilai yg dilihat pada tabel di atas dapat kita ketahui logam logamnya secara berurutan adalah Q, P, dan R.

UN IPA SMP 2016 Nomor 10. Pemahaman GLB dan GLBB. Agar bisa memahaminya, perlu kaka tegaskan lagi perbedaan antara keduanya. Gerak lurus beraturan adalah gerakan yg dilakukan atau dialami sebuah benda dalam lintasan lurus serta kecepatannya tidak berubah rubah (konstan). Sedangkan berubah beraturan lintasanya sama saja yaitu lurus namun kecepatannya berubah seiring berjalannya waktu serta memiliki kecepatan bernilai tetap.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Nomor 11 Soal IPA UN SMP 2016 dan pembahasannya.  Materinya tentang hukum I newton. Secara lebih mendalam lagi, ntar akan dipelajari pada kelas 10 SMA yang menyatakan bahwa bila resultan gaya sama dengan nol (ΣF = 0), maka benda diam tetap akan dia sedangkan bergerak dgn kecepatan tetap akan tetap melaju dengan nilai kecepatannya sama. Jadi untuk bisa menentukan benda mana yang diam, dihitung terlebih dahulu total gaya yang bekerja pada setian bendanya (opsi jawaban). (A) ΣF = 2N+ 8N− 6N = 4N, (B) ΣF = 4N+ 4N− 8N = 0N, (C) ΣF = 4N+ 4N−2N = 6N, (D) ΣF = 4N+ 4N− 4N = 4N. Sehingga bisa katakana bahwa pada pilihan B bendanya dian saja.

No 12 IPA SMP 2016 dan Pembahasan. Bab usaha energi yang terdiri dari energi kinetik dan potensial. Harus lu pahami secara mantap bahwa jumlah kedua energy tersebut selalu sama pada setiap posisi dengan syarat tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya. Titik perlu kita hitung energy mekaninnya= EPb + Ekb= mghb + 100= 2,5 x 10x 6= 150 +100= 250 J. Nah di titik C pasti energy mekaniknya 250 juoule. Karena titik terakhir EP nya bernilai nol sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ek nya jg 250 J.

Nomor 13 Soal UN IPA 2016 SMP dan Pembahasannya. Ditanyakan konsep usaha. Jadi harus diketahui secara jelas bahwa usaha berupakan perkalian titik antara gaya dengan perpindahanya yang segaris. Nah dari definis tersebut terdapat satu kata kunci yaitu perpindahan. Artinya, bisa sebuah benda melakukan atau dikenai usaha pasti akan perpindah. Sekarang mari kita coba analisa satu persatu setiap pilihan jawaban berikut: (A) seorang kuli memindahkan karung (termasuk), (B) ibu berjalan ke pasar membawa tas( termasuk usaha), (C) seorang atlet angkat besi menahan barbel di atas kepala (bukan usaha karena perpindahanya bernilai nol alias tidak ada). Sebenarnya jawabannya pasti (C), tapi tetap analisa pilhan (D) seorang anak memindahkan meja 20 cm merupakan usaha juga karena adanya perpindahan yg dialami meja.

No 14 UN IPA SMP 2016 dan pembahasan. Perhitungan lengan kuasa pada pesawat sederhana. Soal ini membandingkan dua kondisi yakni sebelu digeser dan setelah. Jadi hitung terlebih dahulu lengan kuasa pada kasus pertama. Gunakan rumus W x Ib = F xlk, 800 x1= 400x Ik, maka akan diperoleh Ik= 2 (kondisi awal pemain B masih berjarak 2 meter dari titik tumpu). Setelah digeser dua meter, W. lk= F. Ik, 800x 2= 400. Ik, Lk=4 m (akhirnya pemain B jaraknya empat meter terhadap titik tumpunya). Bisa disipulkan bahwa bila pemain A berjalan menuju

Nomor 15 IPA UN SMP 2016. Perhitungan tekanan hidrostatis pada ketinggian tertentu. Untuk menghitungnya ingat saja rumus= ρ.g.h. Namun perlu diperhatikan h di sini adalah kedalaman bukan ketinggian. Apa bedanya sih bang? Ya tentu beda lah. Kalau ketinggian diukur dari bawah sedangkan ketinggian adalah kebalikannya. Ketinggiannya yg terlihat pada gambar sama dgn 140 – 60= 80 cm atau 0,8 m. Ph= 1000 x 10x 0,8= 8000. Jadi tekanan hidrostatis yg dialami oleh ikan sebesar delapan ribu newton per meter kuadrat.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Nomor 16. Terori keruangan tata surya dan benda langit. Pertanyaan mengarah kepada sifat serta karakteristik empat planet yakni merkurius, bumi, venus serta Jupiter. Secara detail untuk ciri keempatnya akan dijelaskan seperti berikut ini. Merkurius berkarakter: (1)  Lintasan orbitnya berada sebelah bagian dalam orbit Bumi, oleh sebab itu ketika sore atau bagi matahari sudah atau belum terang, merkurius dapat terlihat, (2) temperatur pada siang hari sangat panas, sebaliknya ketika malam sangat dingin, (3) lama periode rotasinya lima puluh sembilan hari, (4) langitnya cenderung berwarna hitam, (5) rerevolusi selama delapan puluh 8 hari, (6) hampir keseluruhan permukaannya berbentuk rawa. Kenapa bisa banyakan rawa? Disebabkan planet tersebut tidak memiliki atmosfir akibatnya meteoroid dapat menembus masuk ke bagian sebelah dalam permukaannya, (7) tak memiliki satelit satupun, (8) berdiameter sekitar 4880 km.

Bumi memiliki karakteristik: (1) untuk berotasi memerlukan waktu 23,9 jam, (2) periode revolusinya tiga ratus enam puluh lima hari, (3) memiliki serta cocok dijadikan sebagai tempat memiliki kehidupan karena memiliki suhu yang cocok untuk kehidupan, air, dan oksigen, (4) ukuran diameternya sekitar 12.700 km, (5) bulan merupakan satelit tunggal, tetapi ada banyak satelit buatan, seperti satelit Palapa, (6) dilindungi oleh lapisan atmosfer, (7) langitnya berwarna biru karena partikel udara yang ada di atmosfernya memantulkan cahaya berwarna biru.

Ciri khas Jupiter meliputi: (1) durasi rotasi sekitar 9,8 jam, (2) dikenal sebagai planet terbesar di tata surya, (3) memerlukan waktu 11,9 tahun untuk berevolusi, (4) tujuh pulu persen dari total cahaya yg mengenainya dipantulkan kembali, (5) ukuran diameternya sekitar 139.880 km, (6) gas yang menyelimutinya terdiri atas 10% helium dan 90% hydrogen, (7) memiliki satelit lebih dari 64 buah, (8) lapisan atmosfirnya sangat tebal, (9) memiliki bintik merah sangat besar yg ukurannya sekitar bumi timbul sebagai akibat adanya badai raksasa.

Sifat utama yg menonjol dari mars mencakup: (1)  berotasi selama 24,6 hari, (2) mendapat julukan sebagai planet merah karena permukaan planet ini mengandung batuan besi, (3) waktu revolusi mencapai 1,9 tahun, (4) lapisan atmosfer yang menyelimutinya terdiri dari gas karbon dioksida yang sangat tipis, (5) diperkirakan memiliki air di bawah permukaan, sehingga diduga ada banyak mikroorganisme, (6) hanya memiliki dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos, (7) diameternya 6780 km.

Soal UN IPA SMP 2016 Nomor 17. Menentukan cepat rambat gelobang berdasarkan informasi yang diberikan gambar soal. Gambarnya memperlihat bahwa jarak setengah gelombang adalah 4 m serta waktu untuk mencapai dua gelombang adalah 8 sekon. Kita bisa mencari panjang gelombangnya= 8 meter serta peridenya 4 sekon. Lalu tinggal hitung v= λ/ T = 8/ 4 =2 m/s.

UN 2016 SMP mata pelajaran IPA Nomor 18. Menghitung jarang dua dinding menggunakan bunyi pantulnya. Pertama harus cari waktunya terlebih dahulu t= 2- 0,5= 1,5 s, v= 340 m/s, sehingga bisa dihitung v nya menggunakan rumus v=s/t = 340/ 1,5= 510. So bisa dikatakan bahwa jarak antara tembok A dan B adalah lima ratus sepulur meter.

Nomor 19. Menghitung kekuatan lensa pada lensa yg digunakan untuk sebagai kacamata (alat bantu untuk membaca). Penderita rabun jauh memiliki titik dekat matanya berjarak 50 centimeter. Sedangkan kondisi normal berjarak 30 cm. Bila rabun dekat dinormalkan tentu haru menggunakan lensa cembung. Kalian semua tentu sudah mengetahui bahwa lensa jenis tersebut memiliki panjang fokusnya positif. Meskipun dalam penggunaannya, terdapat jarak tertentu mata dengan kacamata namun bisa diabaikan dalam perhitungan agar lebih memudahkan, selain itu tidak terlalu signifikan pengaruhnya. Diketahui: Titik dekat penderita cacat mata = jarak bayangan (s’) = -50 cm. Bayangan harus berada di depan lensa cembung, sehingga bisa dilihat. Karena bayangan berada di depan lensa cembung, maka bayangan itu bersifat maya dan bertanda negatif. Jarak baca normal = jarak benda (s) = 30 cm. Pertama yang harus dilakukan adalah menghitung panjang fokus, 1/f = 1/s + 1/s’, 1/f= 1/30 -1/15 = (5 -3)/150= 2/150, f= 150/2= 75 cm= 0,75 m. Lalu tinggal deh dihitung kekuatan lensanya P= 1/f =1: f= 1: 0,75 = 1:3/4= 4/3. Sehingga kekuatan lensa cembung kacamat adalah 4/3 dioptri dan bertanda positif.

Nomor 20 UN 2016 IPA SMP. Sifat interaksi antara dua muatan listrik. Bila sejenis akan saling tolak menolak, tetapi bila berlainan tentu akan tarik menarik. Pada soalnya diberikan lima bola konduktor: P, Q, R, S, T. Bila kita analisa maka gaya listrik yang timbul antara P dengan Q dan P dengan S adalah: P – Q tarik menarik dan P – S akan tolak menolak.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Soal UN IPA SMP 2016 Nomor 21 dan Pembahasan. Menghitung nilai kuat arus listrik yang mengalir dalam rangkaian. Untuk mendapatkanya dicari menggunakan rumus V = I (R+r). Jadi pertama kita hitung terlebih dahulu nilai R nya (rangkaian paralel). 1/Rp = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3= 1/12 + 1/6+ 1/4 = (1+2+3)/12= 26/12, Rp= 12/6= 2 Ω. Selanjutnya hitung nilai I= V/ (R+r) = 1,5 /(2+1) =1,5/3= 0,5. Kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut adalah sebesar 0,5 A.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Nomor 23. Hubungan antara dua kutub magnet yang tepat. Bila dua magnet apapun jenisnya terdiri kutub utara (U) dan selatan (S). Andaikan saja dua kutub sejenis didekatkan maka akan terjadi gaya tolak menolak, akan tetapi sebaliknya seandainya saja yang didekatkan adalah berlain pastinya akan tarik menarik. Nah bentuk yang paling benar hubungan antara keduana adalah seperti gambar berikut.

Bila dilihat gambar secara satu persatu yg ada pada soal, maka pilihan yang paling tepat adalah C.

Nomor 24. Ciri makhluk hidup secara umum terdapat Sembilan meliputi: (1) mengeluarkan zat sisa buangan melalui sistem eksresi, (2) menjalani proses pernapasan dgn cara menghirup udara atau berespirasi melalui organ tubuh lain seperti daun pada tumbuhan, (3) membutuhkan nutrisi sebagai sumber energinya, (4) mampu menyesuaikan diri (beradaptasi) terhadap lingkungannya, (5) dapat bergerak meski jenis gerakannya berbeda beda, (6) memerlukan cahaya, (57) berkembang biak untuk meneruskan generasinya, (8) hidup pada suhu tertentu, (9) iritabilitas. Tumbuhan jenis insektivora bernama venus dapat bergerak dengan cara menutup bagian tubuhnya jika ada serangga yg hinggap. Hal tersebut merupakan ciri makhluk hidup ygbergerak karena peka terhadap rangsangan berupa sentuhan.

Nomor 25. Pemahaman kunci determinasi dalam pengidentifikasian makhluk hidup. Hal tersebut merupakan metode sederhana yang dapat digunakan dalam melakukan identifikasi makhluk hidup sesuai dengan ciri serta persamaan yang dimilikinnya. Mekanisme identifikasi tumbuhan singkong menggunakan kunci determinasi sebagai berikut: (1) a. Mempunyai akar, batang, daun ………………………. 2, (2) a. Menghasilkan bunga ………………………………… 3, (3) a. Tulang daun menyirip/menjari …………………………………… dikotil. Sehingga kunci determinasi paling tepat untuk tumbuhan kacang tanah adalah: 1a, 2a, 3a.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Nomor 26. Konsep klasifikasi makhluk hidup. Gambar 4 (bekicot) termasuk hewan lunak. G3 memperlihatkan kerang termasuk hewan lunak, G2 merupakan tampilan kelabang termasuk Arthropoda, serta G1 (kupu-kupu) termasuk jenis serangga (Insekta). Kelompok hewan lunak hanya ditunjukkan oleh nomor (3) dan (4).

Nomor 27. Jaringan daur energi populasi pada sebuah ekosistem. Jejaring makanan merupakan kegiatan makan dan dimakannya makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) yg terjadi dalam satu atau lebih rantai makanan. Secara lengkap, ada gambar terlihat ada lima rantai makanan, tetapi bila disederhanakan ada dua yang paling utama yaitu padi – belalang – katak – ular/ elang. Bila seandainya populasi kataknya berkurang, tentu populasi populasi belalang meningkat serta ular dan elang akan mengalami penurunan karena ketersediaan bahan makanannya berkurang.

Nomor 28. Grafik hubungan atara pertumbuhan penduduk serta dampak yang ditimbulkan. Dgn semakin bertambahnya jumlah penduduk di dunia tentu akan menimbulkan beberapa dampak yg sangat serius, yakni: (1) persediaan air bersih berkurang sehingga kemungkinan suatu saat akan kesulitan untuk mendapatkannya, (2) semakin banyak area pemukiman, berimbas pada berkurangnya lahan pertanian, (3) semikina banyak manusia tentu kebutuhan bahan meningkat sehingga ketersediaannya terancam menipis bahkan habis otomatis menjadi barang langka. Sehingga bisa ditarik kesimpulan jika pertumbuhan penduduk berlangsung seperti terlihat pada data yg ada di grafiknya, dampak yg mungkin terjadi adalah sumber air bersih menurun.

Nomor 29 UN IPA SMP 2016 dan Pembahasannya Secara Lengkap. Dampak buruk penggunaan pestisida secara berlebihan serta cara pencegahannya. Pencemaran lingkungan terutama air bisa disebabkan oleh penggunaan obat pembasmi hama yang berlebihan karena mikroorganisme akan kesulitan menguraikannya. Usaha untuk mengendalikannya adalah menggunakannya sesuai dgn dosis kebutuhan.

Nomor 30. Fungsi persendian pada sistem gerak manusia. Dalam soal ini berkaitan perbedan antara kedua sendi, yaitu (1) sendii engsel, dapat bergerak satu arah, seperti gerakan pada pintu, contohnya pada persendian siku dan lutut atau hubungan antarruas pada jari tangan dan kaki, (2) seendi pelana,  salah satu tulang dapat bergerak ke dua arah, contohnya hubungan antara ruas jari dan telapak tangan.
[7/5 4:09 PM] L M Hadi Riyantoko: Pembahasan Soal IPA UN 2016 nomor 31. Macam macaam zat kimiawi dalam sistem pencernaan manusia serta fungsinya. (1) Memecah pati yang dapat menghasilkan gula sederhana seperti fruktosa, maltose, glukosa serta dekstrin merupakan fungsi utama amylase, (2) Lipase pancreas berfungsi pada proses emulsi lemak menjadi as lemak dan gliserol, (3) Enzim pepsin berguna dalam pengubahan protein menjadi proteosa, polipeptida, (4) enzim tripsin berperan untu mengubah protein menjadi polipeptida.

Nomor 32. Kelainan serta  penyakit dalam sistem pernapasan manusia. Gangguan pada saluran pernapasan disebabkan oleh inveksi virus, bakteri, dan organism lain menyerupai Mycoplasma sp disebut bronkitis. Penyakit tersebut biasanya akan menyebabkan peradangan pada cabang tenggorokan. Sehingga faktor pemicu terjadinya bronkitis adalah nomor (2) dan (3).

Nomor 33. Sistem peredaran darah. Di dalam jaringan tubuh, terdapat pembuluh kapiler atau pemb rambut yg merupakan percabangan dari berupa saluran aliran yg sangat kecil. Pembuuluh tersebut akan membentuk jaringan yang rapat dan langsung berhubungan dengan sel seel tubuh. Selain itu, dindingnya tersusun dari satu lapis sel yang sangat sempit sehaingga hanya dapat dilewati satu persatu oleh sel-sel darah.Beberapa ciri utama dari pembuluh ini meliputi: (1) getaran denyutnya tidak dirasakan, (2) terdiri dari selapis sel dan ukurannya sangat sempit, (3) ukuran sangat kecil dgn diameter lima sampai sepuluh millimeter, (4) bercabang cabang, (5) tersebar pada selurug permukaan tubuh, (6) tidak memiliki katup, (7) bila mengalami luka, darah akan menetes.

Soal 34. Bagian dalam ginjal sebagai organ pada sistem eksresi. Alat dalam tubuh tersebut, bagiannya terdiri dari: pelvis renalis (rongga ginjal), korteks, saluran ke ureter, serta piramida ginjal. Fungsi bagian X terlihat pada gambar merupakan rongga ginjal memiliki peran besar sebagai tempat untk menampung urine sebelum disalurkan ke ureter menuju kantong kemih.

Nomor 35. Bab sistem produksi manusia. Pada gambar yang ditandai dengan huruf X adalah vas deferens, yakni saluran sperma dari testis menuju ke kantong sperma.

Pembahasan No 36 UN IPA SMP 2016. Topik sistem jaringan pengangkutan pada manusia. Bagian yang ditandai dengan X merupakan bagian dari akar yang sering kita kenal sebagai rambut akar, fungsinya tidak lain memperluas bidang penyerapan akar.

Nomor 37. Prosedur eksprimen yg terlihat dala gambar merupakan serangkaian percobaan ingenhousz. Penelitian tersebut bertujuan untuk membuktikan apakah benar proses fotosintesi bisa menghasilkan oksigen dan pengaruh cahaya matahari serta CO2 terhadap kelajuan prosesnya.

Berdasarkan observasi memberikan fakta bahwa semakin tinggi intensitas cahaya matahari kelajuan fotosintesis makin meningkat, hal ini dapat dilihat dari hasil gelembung oksigen yang semakin banyak. Penambahan  NaHCO3 bertujuan meningkatkan kandungan CO2 yg merupakan salah satu faktor penting penentu dalam meningkatkan kelajuan proses fotosintesis.

Nomor 38. Proses reproduksi tumbuhan tingkat tinggi. Pada ilmu pertanaman (botani), rimpang atau bahasa latinnya rhizome merupakan hasil modifikasi batang tumbuhan yang pertumbuhannya menjalar di bawah permukaan tanah serta mampu menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas ruasnya. Dua contohnya yg bisa kita temukan dalam kehidupan kita sehari hari adalah temu temuan (Zingiberaceae) serta paku pakuan (Pteridophyta) merupakan contoh yang biasa dipakai untuk kelompok tumbuhan yg mempunyai organ ini.

Nomor 40. Metode reproduksi pada tumbuhan. Cara tumbuhan berkembang biak bisa dilakukan dgn beberapa cara, meliputi: (1) reproduksi secara vegetative buatan contohnya menempel, mencangkok, stek, menyambung, serta merunduk. (2) kultur jaringan adalah teknik mengembangbiakan tumbuhan ditempuh melalui pemanfaatkan sifat totipotensi, yaitu kemampuan sel pada jaringan yang mampu melakukan pembelahan guna membentuk induvidu baru. Tujuannya adalah agar bisa memperoleh tanaman baru dalam waktu singkat serta jumlha kebutuhan bibitnya sangat besar. Pembastaran (persilangan dalam perkawinan) merupakan metode mengawinkan antara dua induvidu yg berlainan varietas dlm satu spesies dgn tetap memperhatikan sifat unggulnya. Bila kita melihat pada kasus petani yang disebutkan dalam soal, maka cara yang paling tepat adalah melalui teknik kultur jaringan.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)