Wednesday, 9 January 2019

Destinasi Sungai dan Air Terjun Desa Napal Jungur Kabupaten Seluma Bengkulu



Destinasi Wisata Napal Jungur

Destinasi wisata di Kabupaten Seluma tidak kalah dengan daerah kabupaten-kabupaten di Provinsi Bengkulu lainnya. Sebut saja sungai di Desa Napal Jungur Kabupaten Seluma.

Berada di Kabupaten Seluma Desa Napal Jungur berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Bengkulu. Asumsinya adalah dari pusat kota ke Bandara 15 km, dari Bandara ke Desa Tumbukan 30 km dan  dari Desa Tumbukan ke lokasi adalah 5 km. Pergi kesana cukup perjalanan darat ya, ilustrasi di atas asumsi jarak saja hee.

Medan yang cukup menantang adrenalin karena beberapa kali ada tanjakan dan turunan dengan jalan yang kurang bersahabat. Jalanan yang rusak dan cukup sempit menjadi tantangan tersendiri. Agar lebih aman bawa kendaraan roda dua saja deh, cepet nyampenya hee. Roda empat ukur-ukur body nya hee.

Nah semua tantangan di atas akan terbayar ketika kami sampai di lokasi. Ga tanggung-tanggung kami hadir lebih awal, cieee.. pengunjung perdana. Ups.. disini tidak dipungut biaya, alias gratis. Di depan kami sudah terpapar permadani hidro yang siap di obok-obok hee. Gemericik riak air di bagian hulu menambah suasana alam yang begitu memukau.

Pandai berenang bukan? Yups jangan lupa 'jejaki' kedalaman air agar aman untuk berenang. Kondisi airnya cukup deras baik diperairan dangkal ataupun di tempat yang dalam. Tapi kita akan terbantu sekali dengan bentangan napal- napal yang pipih di dasar sungai. Sesuai dengan namanya Napal Jungur, lantai air sungai ini dipenuhi oleh napal yang sangat bersahabat. Napal tahu kan? Itu lho tanah yang keras seringkali berwarna cokelat kehijauan. Mantap dah..

Nah, saya ga canggung nyebur tu. Sebelumnya saya siapkan tenda untuk tempat ganti pakaian atau sekedar penyelamatan pertama jika hujan tiba-tiba datang.

Karena saya perdana kesini jadi mendapat informasi lanjutan nih ceritanya. Saat asyik bermain di bawa air terjun di arah hulu teman saya bilang kalau di atas sana ada lagi air terjun yang lebih besar dan tinggi. Waw.. jiwa petualang saya berminat dan ga sabaran untuk kesana, "hayoo kita kesana".

Apa boleh buat, airnya lebih jernih dan lebih dingin, gemuruh air terjun sangat terasa memikat hati. Sekali lagi, kita test kedalaman airnya, masya Allah saya tidak terjejak sampai ke lantainya. Saking dalamnya air.

Pada saat bersamaan beberapa orang mencoba untuk naik melalui aliran air terjunnya. Tepat di bawah jatuhnya air. Sayapun mencoba dan berhasil, haa Alhamdulillah. Pas nyampe di atas ada saja jalan setapak yang rugi banget kalau ga diikuti. Ternyata, diakhir jalan ini ada spot memukau untuk terjun bebas dari ketinggian beberapa meter.




Video Terjun dari Ketinggian Air Napal Jungur


Sudah ya bisa dibayangkan kan serunya di sana. Ada beberapa tempat untuk uji adrenalin lompat dari ketinggian. Banyak titik yang bisa dicoba, dari ketinggian satu meter sampai bermeter-meter hingga bisa juga sambil naik dahan pohon di pinggir sungai. kabarnya lagi, di ujung sungai banyak sekali buah durian.

Langsung saja mumpung ada waktu, kapan kesini lagi?















17 comments:

  1. Seru banget kalau masih luas dan sepi datengnya ya kak :3 ini berarti belum masuk wisata umum ya, cerdik banget bawa tenda buat ganti aih, kirain awalnya buat ngecamp :3

    ReplyDelete
  2. Tempatnya asik dan alami banget ya kak. Btw kalo musim hujan gitu tetep nyaman dan aman kan ya. Wah... Jadi pingin kebutan nih

    ReplyDelete
  3. uwaaah
    ini mah serasa air terjun pribadi
    sampai ada tendanya cobaaak
    piknik banget dah ini
    kalau aku mungkin betah dari pagi sampai sore, sekalian tidur siang di sana, hahaha

    ReplyDelete
  4. Senengnya aku lihatnya. Soalnya sudah lama sekali nggak wisata ke alam. Mainnya selalu di tengah kota.

    ReplyDelete
  5. Sebelumnya saya pernah baca wisata pantai di Bengkuli di blog teman, Mas Efri. Dan ternyata ada air terjun juga ya. keren ini, Pas. Dan memang bagusnya datang pertama, jadi bisa berenang dan mandi duluan hahaha.
    Itu pakai acara pasang tenda dan makan-makan juga. Makin seru saja jalan-jalannya ya, Mas.

    ReplyDelete
  6. Bahagia sekali bersama keluarga liburan di air terjun, ternyata bikin bahagia keluarga ga mesti jalan-jalan jauh yaa di Bengkulu ada juga air terjun seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Seru banget kalau main di air terjun kayak gini, udah gitu pengunjungnya gak rame lagi, serasa milik sendiri tempat wisatanya ya hihi

    ReplyDelete
  8. ini sih seru banget, mana sepi pula dan bisa open tent kayak gitu. Ngebayangin bisa basah-basahan sambil digerojok sama air terjun yg pastinya seger banget.

    ReplyDelete
  9. Ini pilihan banget buat liburan bareng keluarga. Seru euy main air gitu. Informasi yang amat bermanfaat. Bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  10. Sedihnya aku belum pernah ke Bengkulu hehehehe suka lihat air terjunnya, nampak jernih, airnya segar kayanya dan sepertinya sepi pengunjung. Bisa puas main airnya

    ReplyDelete
  11. Liat postingan ini langsung mendadak pengen rekreasi ke air terjun juga hehe. Apalagi perginya bareng keluarga gitu pasti seru dan menyenangkan ya Mbak.

    ReplyDelete
  12. Gilaaaa.. adem bgt air terjunnya. Kalo aku mah bakal betah di sini sambil kontemplasi diri...

    ReplyDelete
  13. kayaknya kalau beneran ngecamp disana asyik deh. Bisa menikmati suasana alam yang masih murni

    ReplyDelete
  14. jadi mau otw ke bengkulu.. seruuuu

    ReplyDelete
  15. wwiihhh seru bangett,, ini kayak trip singkat impian deh mbak,, main ke curug, main di sungai, mendirikan camp kecil ddeket bibir sungai, bareng keluarga lagi, kereeennn

    ReplyDelete
  16. Masih asri berarti ya kalau belum ada tiket masuknya. Biasanya kan ada aja yg nagihin uang masuk kalau ke tempat kaya gini tuh..

    ReplyDelete
  17. Siapa sangka ada air terjun seindah ini di Bengkulu, semoga saya ada kesempatan untuk mampir disana

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Puasa Arafah

Puasa Arafah Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan b...