Thursday 13 September 2018

Tips Sukses Arung Jeram

Aslkm.wr.wb
Hai.. apa kabar semua? Semoga senantiasa dalam keberkahanNya Aamiin.

Nah kali ini saya ingin berbagi tips berarung jeram. Pengalaman ini saya ambil dari ngobrol santai sama teman yang sudah pernah berarung jeram. Ternyata bermain arung jeram sangat memicu adrenalin. Bagi kamu yang suka sekali dengan tantangan, arung jeram harus berada dalam daftar giat heee. Tanpa panjang mukodimah  berikut tipsnya untuk kita semua.

Sebelum Berarung Jeram

1. Kesehatan

Kesehatan menjadi hal utama dan penting yang harus kita penuhi sebelum berarung jeram. Pastikan tubuhmu dalam keadaan bugar sehat dan kuat. Berarung jeram sangat penting dalam keadann sehat. Jadi kalau sedang sakit atau kurang nyaman lebih baik memang istirahat terlebih dahulu. Satu hal mungkin menjadi catatan, kesiapan mental dan keberanian. Harus berani karena tantangannya terlihat nyata di depan mata. Waduh.. intinya menantang dan kita harus siap.

2. Pakaian

Pertama kamu harus mengenakan kaos katun. Jangan pakai batik ya hee. Carilah baju berlengan panjang, mengapa? karena berarung jeram dilakukan pada siang hari dibawa terik mentari yang menyinari dan sungguh panasnya menyengat. Kedua gunakan celana pendek. Haa? Pastinya jangan terlalu pendek. Lebih tepatnya lagi celana 3/4. Mengenakan celana 3/4 akan memudahkan jika sedang berada di dalam air. Karena berarung jeram ada sesi nyeburnya juga lho hee. Jangan sesekali kamu menggunakan celana berkaret tanpa tali pengikat atau traning biasa. Khawatir (maaf) melorot karena arus atau pergerakan pada saat berarung jeram. Bagi kamu yang perempuan gunakan saja celana model pandu. Model celana berpadu rok. Ini cukup nyaman untuk berada di air dan pastikan mengenakan kaos kaki untuk menjaga aurat.

Jangan lupa, pakaian basah diganti dengan pakaian kering. So, bawa baju ganti senyaman mungkin. Gunakan pakaian ganti serba panjang untuk menghangatkan tubuh.

Jika kamiu berarung jeram di Lebong, pastikan bawa jaket tebal juga sepatu. Pada saat ganti baju kamu kenakan juga jaket dan sepatu. Pakai kaos kaki ya.

3. Perlengkapannya apa?

Perlengkapan berarung jeram biasanya sudah disediakan oleh tim. Diantaranya ada helm pelindung kepala dan jaket pelampung. Helm pelindung kepala hendaknya dipakai dengan nyaman. Sesuaikan ukurannya dan pastikan tali helm berada di bawah dagu. Untuk jaket pelampung kenakan dengan baik dan benar juga pastikan jika pada saat mengunci jaket tidak terlalu longgar atau terlalu sempit. Sehingga kamu bisa sangat nyaman mengenakannya.

4. Pemanasan sebelum arung

Pemanasan ini penting, instruktur akan memberikan waktu untuk pemanasan. Ikuti setiap gerakan dengan maksimal. Pemanasan ini penting untuk menhindari terjadinya kekakuan otot pada saat arung jeram. Iya untuk menghindari kram.

Saat Berarung Jeram

Pada sesi ini kita sudah berada di atas perahu karet. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut dan simak baik-baik ya.

1. Duduk dengan nyaman

Pertama kamu harus tahu jika perahu karet tidak terlalu luas dan hanya bisa menampung sekitar 6-8 orang. Kedua pastikan kalau posisi duduk di pinggir perahu. Jangan sekali-sekali di tengah perahu. Ukuran berat badan ternyata sangat mempengaruhi hee. Bisa dipahami kan mengenai berat badan. Agar perahu karet tidak gampang oleng pastikan berat kiri kanan perahu karet harus seimbang.

Untuk menjaga posisi badan agar stay, jangan lupa kaitkan kaki pada penyangga di bagian lantai perahu. Kamu boleh tidak menggunakan alas kaki tapi jika mau baiknya kamu gunakan sandal gunung bukan sepatu. Sandal ini akan berguna pada waktu kamu turun di perairan dan menginjak bebatuan. Jika pakai sepatu khawatir akan menambah berat dan bergerak tidak leluasa.

2. Mendayung

Ingat dan Penting!
Ikuti aba-aba instruktur, kata-kata "kiri" "kanan" memiliki makna yang khas siapa yang diberi amanah. Biasanya instruktur akan teriak "kiri" maka kita yang berada di sisi kiri bertugas mendayung dengan kompak begitu juga sebaliknya. Berikutnya adalah cara memegang dayung. Jika kita duduk di kanan makan pegang dayung dengan tangan kanan lebih dominan. Ingat! Dengarkan instruksi Instruktur

3. Terjatuh dan Sesi Dijatuhkan

Saat jatuh jangan panik karena kita pakai pelampung. Otomtis bisa mengapung namun jika posisi terbalik usahakan angkat kaki ke atas dan posisikan kepala mengarah ke aliran air sungai.

Jangan kaget biasanya instruktur membalikan perahu sehingga kita semua terjatuh. Nah.. ini kita harus siap basah kuyup dengan sengaja. Pandai berenang lebih asyik karena bisa dengan happy bermain air. Jika belum pandai berenang jangan takut, baju pelampung insya Allah cukup membantu.

Setelah membaca penjelasan di atas harapannya kamu bisa lebih matang dalam merencanakan liburan ber-arung jeram. Namun tidak kalah penting ada beberapa hal yang harus kamu tahu.

Pertama
Tentu mau dokumentasi kan? siapkan kamera hp dengan memory yang cukup dan baterai full. Siapkan juga pelindung hp. Bungkus hp dengan pelindung lipat empat. Pastikan tidak ada air yang masuk. Kamu bebas memotret pada saat sesi berenang dan sebelum sesi terjatuh.

Kedua
Bawalah pakaaian ganti yang tebal untuk menghangatkan tubuh. Termasuk sepasang kaos kaki dan sepatu.

Ketiga
Membawa perlengkapan mandi. Mulai dari handuk hingga sabun dll. Untuk sabun gunakan sabun cair agar lebih praktis da ekonomis.

Keempat
Jangan lupa makan dan minum yang menghangakan tubuh. Agar suhu tubuh kembali normal setelah berjam-jam berarung jeram.

Kelima
Dalam perahu biasanya akan digabung antara laki-laki dan perempuan gunanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, harapannya laki-laki dapat dengan mudah mengambil keputusan sesuai arahan instruktur.
Karena digabung antara laki-laki dan perempuan maka kamu harus jaga hijab dengan baik. Oke.

Keenam

Dalam kondisi tertentu, instruktur perempuan tidak ada jadi harap maklum jika instrukturnya laki-laki, 

Ketujuh

Makanlah secukupnya pada saat istirahat makan siang, jangan sampai kekenyangan agar aman pada saat ada goncangan di air.

Kedelapan

Ingat ini yang wajib diperhitungkan. SHALAT dan waktu shalat kamu dan teman-teman. Kamu bisa shalat pada saat istirahat makan siang atau di waktu khuhsus untuk menjamak di tempat yang kondusif.

Kini aaatnya kamu siap untuk bermain arung jeram bersama teman-teman. Selamat mencoba semoga sukses.

Semoga bermanfaat,
Wasslakm.wr.wb

2 comments:

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

| Designed by Colorlib