Tuesday, 31 December 2019

Suban Lesung Goa Batu Destinasi Pemandian Air Panas Curup


Suban Lesung Goa Batu

Tentunya kamu pernah mendengar ada objek wisata pemandian air panas Suban, Curup Rejang Lebong Bengkulu? Iya salah satu objek wisata dengan destinasi yang khas berupa pemandian air panas langsung dari sumbernya.

Terlelak di sebuah kawasan jalan lintas Kota Curup tepatnya di jalan Cawang Baru, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu 39119. Kita akan disuguhi dengan jalan yang menurun cukup tajam dan tiba diparkiran sebelum masuk ke lokasi. 



Objek wisata Suban sudah cukup familiar di telinga masyarakat provinsi Bengkulu. Nah di dalam kawasan hutan objek wisata Pemandian Air Panas Suban ini ada sebuah pemandian air panas Suban Lesung Goa Batu.

Apa yang Menarik dari Suban Lesung Goa Batu

Alami dan Asri

Pemandian air panas Suban Lesung Goa Batu masih sangat alami dan asri. Ini terlihat dari letaknya yang berada di kaki goa batu yang ada di sebuah puncak kawasan Pemandian Suban Air Panas.



Saking alaminya masih banyak terdapat batu besar yang ada di beberapa titik di dalam kolam air panas dewasa. Diimbangi dengan beberapa air mancur yang juga mengeluarkan sumber air panas. Cocok untuk relaksasi santai menjadikan pengunjung enggan untuk beranjak pergi hee.

Kolam Dewasa

Suban Lesung Goa Batu terdapat sebuah kolam dewasa yang cukup luas. Saya perkirakan mencapai 20 x 30 meter bahkan lebih. Kolam dewasa ini memiliki beberapa kedalam diantaranya adalah setinggi (maaf) paha dewasa, ada yang kedalaman 1 meter dan ada juga yang kedalaman 1,80 meter.

Keterangan kedalaman air ini penting untuk pengunjung ketahui guna sebagai patokan kita untuk berenang kesana kemari. 

Di kolam dewasa juga dilengkapi dengan sebuah wahana pelosotan. Tentu saja pelosotan ini finish di atas air dan membuat sensasi berbeda ketika nyebur di air panas yang lebih tepat dibilang air hangat hee.

Kolam Anak-anak

Selain kolam dewasa, ada juga kolam pemandian untuk anak-anak. Berada di bagian bawah dekat dengan ruang ganti pakaian dan bilas. 

Kolam ini berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan kolam dewasa. Ada dua kolam khusus untuk anak-anak. Kedalaman kolam anak-anak paling dalam 50 cm saja. 



Kedua kolam ini terpisah antara satu dengan yang lainnya. Namun sama halnya dengan kolam dewasa, kolam anak-anak juga dilengkapi dengan air mancur yang hangat. Bedanya dengan kolam dewasa, kolam anak-anak airnya mengalir secara alami. Jadi bisa dipastikan air kolam anak-anak ini jauh lebih bersih karena ada pergantian air sepanjang waktu.

Selain itu juga ada sebuah kolam yang paling kecil khusus untuk balita atau anak usia umur lima tahun. 



Pada hakikatnya, setiap kolam bisa dimasuki oleh beragam umur. Kolam dewasa bisa dimasuki oleh anak-anak tentu dengan pengawasan orang tuanya. Begitu juga sebaliknya kolam anak-anak juga dapat dimasuki orang dewasa atau orang tua untuk memantau aktifitas anak-anak. Seperti yang kami lakukan hari ini. Kami bebas di mana saja dan anak-anak dibekali dengan sebuah alat pelampung di badannya.

Biaya Masuk 

Sebelum kita memasuki kawasan pemandian Suban Air Panas, ketika masih di atas kita akan ditarik uang parkir. Motor senilai Rp 2.000,00 sedangkan mobil Rp 3.000,00. 

Kemudian kita melewati jalan menurun dan parkir dengan dikomandoi oleh juru parkir. 

Sebelum kita masuk ke pintu utama, jangan lupa bayar Rp 10.000,00 untuk orang dewasa. Anak-anak dihitung setenah hee, jadi Abang dan adik hari ini berdua bayar Rp 10.000,00 juga.

Pada saat memasuki kawasan pemandian kita akan disuguhi oleh kolam pemandian air panas yang sudah dibuat sedemikian rupa dan dilapisi ubin atau keramik. Di bagian timur agak ke ujung akan ditemukan sebuah kolam renang air dingin yang berdekatan dengan air panas di sebelahnya.

Masuk ke kawasan Suban Lesung Goa Batu

Pada saat masuk pertama kali di kawasan wisata pemandian Suban Air Panas, kamu lurus saja ke arah Air Terjun. Tapi jangan ke Air Terjun karena tidak safety, tapi kamu lurus saja ikuti anak tangga yang menuju Suban Lesung Goa Batu. Ikuti terus anak tangga tesebut dan kamu akan menemukan gerbang bertulisan Suban Lesung Goa Batu.



Kita akan dimintai bayaran Rp 5.000,00 per orang tua dan muda. Jadi waktu itu kita bayar Rp 20.000,00.

Masuk ke sana kita bisa memilih untuk berenang di kolam mana saja, kami kemarin memilih kolam yang ada di atas karena kolam khusus untuk orang dewasa setelah itu baru turun ke kolam anak-anak yang ada di bagian bawah.

Sangat seru dan menyenangkan di Suban Lesung Goa Batu.

Nah.. teman-teman silakan buat jadwal jalan-jalan ke Pemandian Suban Air Panas Curup Rejang Lebong Bengkulu.

Semoga artikel ini dapat membatu
Salam

40 comments:

  1. Mas, pemandian air panas ini sumber panasnya karena ada gunung api aktif gitu atau gimana kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak harus ada gunung api aktif sebab di kawasan pacet, mojokerto juga ada sumber air panas padahal hanya daerah perbukitan.

      Delete
    2. Ada Gunung mas, Bengkulu terletak di Sumatera yang dilalui bukit di sepanjang Aceh hingga Lampung. Biasanya orang-orang sering menyebutnya dengan Bukit Barisan.

      Delete
    3. Kak Artha juga benar tapi biasanya memang ada sumber panas bumi yang berpusat di sekitar lokasi kak, bisa dilakukan riset dengan olah tkp bersama oakar geofisik terdekat untuk memastikan.

      Delete
  2. Seru ya mandi dan berenang di kolam air panas. Tapi rasanya panas sekali atau hangat saja itu airnya? Jauh di Bengkulu��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget seru kak, ini air hangat ya kak, hangat kuku ya kak, pokoknya relaksasi deh. Kalau pingin sensasi panas yang lebih bisa duduk di bawah air mancur hangat, sensasinya bedah banget kak lebih hangat.

      Delete
  3. Sudah lama banget gak ke permandian air panas. Terakhir di Ambon. Cukup terjangkau ya harga tiket masuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, tapi cukup jauh juga dari tempatku. Sekitar 2 jam dari Kota Bengkulu, Lokasi Suban Lesung ada di Curup Rejang Lebong di arah bukit dataran tinggi Bengkulu.

      Delete
  4. Saya belum pernah ke Bengkulu niiii. Dulu banget saya sering mengira Bengkulu itu Lampung. Selalu begitu. Boleh dah ini sesekali explore Bengkulu kalo kebetulan lagi touring pulang kampung dari Jakarta ke Padang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu kedatangannya di Bengkulu ya kak, Asyik lho Bengkulu. Ini salah satu destinasi dataran tingginya kak. Masih banyak lagi yang lain.

      Delete
  5. Mas, Suban lesung goa batu murah meriah banget ya tiketnya. Kalo saya ada jalan ke Bengkulu mesti singgah ni kemari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak ke Bengkulu sekarang, pesan tanggal cantiknya ya.

      Delete
  6. Belum pernah ke Bengkulu nih aku. Asyik dong ada pemandian air panas, tiketnya mur-mer banget. Habis rendeman trus jajan. Wuih...mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi hawanya sejuk dan empuk hee.
      Bengkulu memang luar biasa asyik di sini. Destinasi dataran tinggi yang mengagumkan. Ayo ke Bengkulu kak

      Delete
  7. Aku belum pernah mandi di kolam renang air anget soalnya di sini ya hampir tidak ada. Jadi salah satu yang dikhawatirkan kalo terlalu lama renang bawa anak tuh, masuk angin hehe.. harus gempur telon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga juga mesti khawatir berlebih kak, gampang itu bisa diatur. Latihan dulu di kolam biasa. Air hangat bikin relaksasi kak

      Delete
  8. Keren banget lokasi wisatanya Mas, apalagi pemandangannya yang natural membuat suasana jadi tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak, alamiah. Disini pengelolah memang memanjakan konsumen dengan natural. Masih ada lho irigasi persawahan di atasnya, kenapa ga keren cobo. Ayo ke Bengkulu kak.

      Delete
  9. Ternyata banyak obyek wisata di Bengkulu ya...sy jg suka sekali kalau ada pemandian alam air panas spti ini krna sy pnya kelainan tulang..kt dr.bagus nih klo di terapi dengan cara berendam di air panas nah..klo di pemandian suban lesung ini bisa sambil wisata dan terapi tulang kan enak ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak, jadi disinni kita bisa merendem sekaligus relaksasi juga terapi sih hee
      btw sejak kapan sakit kelainan tulangnya kak? semoga lekas sembuh yaa.. Ayo terapi ke Bengkulu di Suban Lesung.

      Delete
  10. Bengkulu...suban lesung goa batu... semoga bisa mampir menikmatinya langsung... TFS kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Jika kakak pernah ke Bengkulu mampir ya ke Suban. Terus masuk ke lokasi Suban Lesung nya ya.

      Delete
  11. Asri banget tempatnya. Adem dan seger sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, adem nyaman, asri dan natural. Ayo ke Bengkulu kak.

      Delete
  12. Lagi musim hujan gini memang nikmat banget sih ya berendem di pemandian air panas. Ini lokasinya di Bengkulu yaa? Keep ah infonya nanti kalo main kesana buat referensi wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak, iya kita di Bengkulu ya kak, ini destinasi wisata dataran tinggi ya kak. Suban Pemandian Air Panas, Suban Goa Lesung.

      Delete
  13. Pemandian air panasnya kelihatan seger ya masih asri dan bersih gitu. Semoga deh suatu saat bisa main kesana juga untuk nikmati langsung airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bener kak, seger dan alamiah. Ditunggu ya kedatangannya di Bengkulu.

      Delete
  14. kalau melihat foto-fotonya sepertinya tempat ini asik buat berwisata. apalagi harga tiketnya yang sangat terjangkau, sehingga kita bisa ajak seluruh anggota keluarga untuk menikmati asiknya tempat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kesini biasanya memang bareng keluarga kak, sekalian wisata alamih sehat dan terjangkau bener memang tiketnya. Ayo ke Bengkulu.

      Delete
  15. Aku belum pernah ke sini. Asyik ya bisa mandi air panas. Apalagi bisa ngajak keluarga. Semoga kapan2 bisa ke sini dah.Tiketnya murcee bingits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera kesini dan atur jadwal kereangkatan nanti kita lihat bunga Raksasa juga kak

      Delete
  16. Bisa jadi referensi wisata kalau mampir ke Curup nih. Btw itu air hangat ya Mas, bukan air panas? Saya pernah coba mandi di pemandian air panas, mesti test the water dulu dengan memasukkan kaki, beberapa puluh menit kemudian baru berani masuk, itu pun pelan-pelan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti test memang kak jangan langsung nyebur ya.. ambyar hee
      ini air hangat ya kak, tapi namanya ya Air Panas, biasakag dialek daerah panans sama hangat sama hee

      Delete
  17. Saya juga pernah mandi di pemandian air panas untuk mengobati kaki yang gatal-gatal. Bisa ga ya untuk mengobati jerawat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parno... hehe tapi konon katanya bener, bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti itu kak.

      Delete
  18. Nah ini tempat wisata yang cocok banget buat yang ingin relaksasi. Setelah seminggu bekerja, weekend bersantai di air hangat pastinya akan membikin keadaan otak jadi lebih nyaman. Harganya murah lagi, kalau ke Bengkulu bisa lah aku ke situ nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, ayoo luangkan waktunya ke pemandian air panas Suban Goa Lesung. Ditunggu ya di Bengkulu kak,

      Delete
  19. widih keren masuk destinasi wisata saya ini untuk ke kota bengkulu, apalagi ada suba lesung goa batu.. semoga saya bisa kesana mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu kehadirannya di Suban Lesung Goa Batu kakak

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.